#GenerasiPenuhInspirasi



Ilham Buchori

Ketika SMK dulu, aku pernah pergi ke mall bareng teman-teman. Kulihat gamis mewah dipajang di sebuah toko. Kuhampiri dan kutanya harganya. Siapa tahu bisa aku beli dan kuhadiahkan kepada ibu. Pegawai toko itu cuek melihat kami datang. Jawabannya ketus seakan ingin mengusir kami. Harganya fantastis. Kuurungkan niatku. Dari sana, aku pun bertekad memiliki toko sendiri.

Daaan kini, mimpi itu terwujud. Meski dalam skala kecil, aku telah memiliki shop sendiri dengan 3 karyawan. Hasilnya pun luar biasa. Aku bisa mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Padahal bagiku mustahil. Mengingat biaya kuliah itu tinggi. Aku bisa menunaikan ibadah umroh. Bisa membuka rumah belajar bagi anak yatim GRATIS.

Semua itu berkat kegigihanku mengelola keuangan. Setiap fee yang kuterima dari pekerjaanku tidak lupa kusisihkan. 20% selalu aku simpan dan tidak untuk diganggu gugat. Karena uang ini bisa dipakai saat sakit atau sebagai modal usaha. Sementara 60% untuk kebutuhan hidup, seperti untuk biaya konsumsi, kuota, listrik, air, dan gas. 10% lagi untuk sedekah. Sedangkan sisanya kuanggap sebagai "uang gila." Uang yang dapat dipakai untuk liburan atau jalan-jalan atau sifatnya menyenangkan.

Lewat dari pengalamanku mengelola keuangan, akhirnya aku bisa membuka usaha pakaian. Dari modal simpanan 1,2 juta, kini berkembang. Mimpiku untuk menghadiahkan ibu gamis mewah pun terwujud. Menariknya lagi, kini aku tinggal memilih saja gamis mewah mode terbaru, lalu kuhadiahkan kepada ibu.


Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600