Trik Melawan Hasrat Konsumtif

Senin, 05 Agustus 2019 - 23:37 WIB

Banyak yang kesulitan menabung karena tidak mampu mengendalikan hasrat konsumsi. Sahabat LPS tidak perlu khawatir. Ada beberapa trik sederhana untuk melawan kebiasaan konsumtif yang mudah dilakukan.

Jauhi Pusat Godaan Konsumsi

Sahabat LPS bisa memulai usaha melawan hasrat konsumsi dengan menjauhi pusat godaannya. Ini bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang dari mal, media sosial, hingga iklan di televisi. Hal ini akan mempermudah upaya untuk melawan keinginan berbelanja.

Jangan Tiru Orang Lain

Hasrat konsumtif seringkali dipicu oleh keinginan untuk meniru orang lain. Untuk itu, penting bagi Sahabat LPS untuk selalu berusaha menjadi diri sendiri. Tidak perlu mengikuti hidup pihak lain. Sadari bahwa setiap orang itu unik dan spesial sehingga tidak perlu berupaya menjadi pihak lain agar merasa lebih baik.

Isi Waktu Dengan Kegiatan yang Digemari

Konsumerisme bisa muncul karena seseorang merasa tidak ada kegiatan yang harus dilakukan. Sahabat LPS akhirnya jadi lebih sering melihat iklan. Oleh sebab itu, isi waktu dengan kegiatan positif. Jalani hobi yang menyenangkan supaya selalu bahagia dan lupa terhadap hasrat konsumtif.

Hitung Pengeluaran Konsumsi

Cobalah menghitung seberapa besar uang yang selama ini dibelanjakan. Selain uang, Sahabat LPS juga bisa menghitung komponen lain yang mesti “dibayar” seperti perawatan, waktu berbelanja, atau biaya perbaikan untuk satu produk yang dibeli. Sahabat LPS akan sadar betapa banyak yang dikeluarkan ketika konsumsi tidak terkendali.

Mulailah Berbagi Dengan Pihak Lain

Sahabat LPS bisa berbagi dengan pihak lain untuk melawan konsumerisme. Saat melakukannya, Sahabat LPS akan merasa bahagia, tenang, dan damai. Selanjutnya Sahabat LPS akan sadar bahwa kebahagiaan tidak diperoleh dari konsumsi belaka.

Seperti itu trik untuk melawan keinginan konsumsi. Sahabat LPS diharapkan mau menjalankannya agar terlepas dari konsumerisme berlebihan.

Share :

Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600