Lupakan Kurang Uang Jajan Dengan Cara Ini

Jumat, 02 Agustus 2019 - 09:58 WIB

Sahabat LPS mungkin merasa selalu kekurangan uang. Padahal, sebagai mahasiswa atau pelajar, sobat LPS masih memperoleh uang saku dari orang tua. Jangan seperti itu. Lupakan kurang uang jajan sesegera mungkin. Lakukan sejumlah hal berikut ini supaya uang saku mencukupi.

A. Biasakan Makan di Rumah

Cara paling sederhana untuk menghemat uang saku ialah dengan membiasakan diri makan di rumah. Sobat LPS bisa makan dulu di rumah sebelum beraktivitas. Selain itu, sahabat LPS dapat pula membawa bekal. Hal ini akan menekan pengeluaran untuk makan yang tidak sedikit.

B. Catat Pengeluaran

Sobat LPS bisa mengatur keuangan kalau tahu aliran uangnya. Untuk itu, catat pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Berangkat dari hal itu, sahabat LPS dapat menata keuangan lebih baik.

C. Manfaatkan Fasilitas Gratis

Sebagai pelajar atau mahasiswa, sobat LPS punya kesempatan besar memanfaatkan fasilitas gratis. Gunakanlah sebaik mungkin. Misal jika ada bus gratis, sobat LPS dapat menggunakannya. Nanti hal itu akan memangkas biaya transportasi sehingga ada sisa di uang saku.

D. Hemat Pengeluaran

Agar uang jajan tidak kurang, sahabat LPS disarankan menghemat pengeluaran. Cara berhemat bermacam-macam. Pilih yang dapat dilakukan. Contoh, ketika berbelanja, sobat LPS bisa memilih barang yang murah namun berkualitas. Ini akan membuat dana belanja akan berkurang sehingga uang saku tidak habis.

E. Segera Menabung

Supaya uang saku selalu mencukupi, segera saja hadirkan kebiasaan menabung. Ambil sebagian uang jajan dan simpan sebagai tabungan. Lakukan secara konsisten. Alhasil, nanti ketika ada kebutuhan khusus, sahabat LPS tidak kelabakan mencari uang tambahan karena ada uang tabungan.

Share :

Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600