Rahasia Muda Bahagia dan Tua Sejahtera

Senin, 01 Juli 2019 - 10:50 WIB

Siapa pun pasti ingin hidup bahagia pada masa muda dan tetap sejahtera pada masa tua. Sobat LPS bisa saja menjadi orang seperti itu. Namun, ada beberapa hal yang mesti dilakukan sejak sekarang.
Apa sajakah itu?

Pahami Arus Keuangan Sendiri

Sahabat LPS harus paham betul arus keuangan sendiri. Ini penting agar tahu persis bagaimana mengatur pengeluaran dan pemasukan. Rinci keduanya dengan baik dan tetapkan target per pekan. Mengapa per minggu? Andai ada pemborosan pada satu pekan, sobat LPS bisa lebih mudah menebusnya dengan mengetatkan ikat pinggang pada pekan berikutnya.

Tetapkan Target

Sobat LPS harus menetapkan target jangka panjang maupun jangka pendek. Misalnya ingin bisa liburan setahun dua kali namun simpanan hari tua terjaga. Kalau sudah tahu yang diinginkan, sahabat LPS bisa mengatur keuangan lebih mudah. Sebab, saat sadar target tersebut hanya bisa dipenuhi dengan tabungan per bulan dalam jumlah tertentu, sobat LPS bisa mengupayakan sejak kini. 

Biayai Hidup Setelah Kebutuhan Terbayar dan Menabung

Agar bisa selalu sejahtera, sobat LPS harus mau mengatur keuangan bulanan. Bayar semua keperluan terlebih dulu pada awal bulan. Lalu, siapkan tabungan untuk masa depan. Uang yang tersisa setelah dua hal tersebut dipenuhi merupakan dana yang dapat dimanfaatkan untuk biaya hidup sehari-hari.

Otomatisasi Keuangan

Saat ini banyak layanan otomatisasi keuangan untuk keperluan apa pun. Manfaatkan itu. Misalnya untuk pembayaran cicilan pinjaman, biaya sekolah, hingga tabungan. Otomatisasi akan memperbesar kemungkinan dana yang disiapkan tidak terganggu oleh keperluan lain.

Siapkan Dana Darurat

Sahabat LPS juga harus mempersiapkan dana darurat. Dana ini bisa digunakan untuk keperluan yang spontan atau tidak terduga. Mempunyainya akan membuat rencana yang sudah dibuat tetap terjaga dengan baik.

Lakukanlah beberapa langkah yang dipaparkan sebelumnya. Dijamin, impian untuk hidup bahagia ketika muda dan terus sejahtera saat tua nanti akan terwujud.

 

Share :

Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600