Bye-bye Utang Akhir Bulan Berkat Aturan 50/30/20

Jumat, 28 Juni 2019 - 06:45 WIB

Ayo ngaku, sobat LPS pasti banyak yang kesulitan keuangan pada akhir bulan. Uang sudah habis sebelum hari gajian tiba sehingga harus berutang. Padahal, dengan menerapkan aturan 50/30/20, sahabat LPS pasti tidak akan mengalaminya.

APA ITU ATURAN 50/30/20?

Ini adalah aturan pengelolaan keuangan yang dipopulerkan oleh seorang senator asal Amerika Serikat, Elizabeth Warren. Dalam metode ini, Warren mengajari manajemen keuangan pribadi sesudah pendapatan benar-benar bersih tidak ada potongan lagi seperti pajak.

SEPERTI APA CARA MELAKUKANNYA?

Dalam aturan 50/30/20, Warren membagi kebutuhan manusia menjadi tiga bagian, yakni kebutuhan, keinginan, dan tabungan. Lalu, pendapatan yang dimiliki dialokasikan untuk ketiganya dengan persentase berbeda.

50 Persen Untuk Kebutuhan

Alokasi penghasilan terbesar dilakukan ke pos kebutuhan. Adapun yang dimaksud dengan kebutuhan adalah semua keperluan dasar yang harus dipenuhi. Di dalamnya ada hal yang wajib dipenuhi mulai dari biaya untuk makan, rumah, cicilan kredit, biaya sekolah, asuransi kesehatan, listrik, air, dan lain-lain. 

Sobat LPS harus bisa membedakannya dengan keinginan. Misal biaya paket internet ponsel tidak termasuk sebagai kebutuhan, namun masuk ke kategori keinginan karena sahabat LPS tetap bisa hidup tanpa internet.

30 Persen Untuk Keinginan

Alokasi pendapatan terbesar berikutnya baru untuk pos keinginan. Ini merupakan keperluan yang tidak esensial untuk hidup. Sepintas alokasi ini sering terlihat cukup, namun dalam praktik, mempertahankan pengeluaran pos ini tetap 30 persen justru tidak mudah. Pasalnya, sahabat LPS rawan memasukkan pos keinginan ke pos kebutuhan. Misal ingin makan enak di restoran mewah. Hal tersebut merupakan keinginan dan bukan kebutuhan karena makan dengan masakan sendiri juga tetap bisa hidup.

20 Persen Untuk Tabungan

Sisa penghasilan sebesar 20 persen wajib dimasukkan ke tabungan atau investasi. Sahabat LPS harus berkomitmen tinggi melakukannya karena pos ini penting sebagai pengaman ketika terjadi situasi tak terduga atau kondisi buruk.

TIPS AGAR BERHASIL

● Sahabat LPS wajib berkomitmen dan disiplin menjaga bujet pengeluaran sesuai alokasi yang ditetapkan.

● Sobat LPS harus bisa memilah antara bentuk kebutuhan dan keinginan dengan tepat.

 

Share :

Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600