Stay At Home, Yuk Tingkatkan Kemampuan Dengan Kursus Online

Selasa, 07 Juli 2020 - 08:25 WIB

Sekarang kegiatan di luar rumah terpaksa dikurangi terlebih dulu. Terus bengong di rumah begitu saja? Jangan seperti itu Sahabat LPS. Kamu justru bisa menambah kemampuan diri pada masa-masa seperti ini.

Cobalah mengikuti aneka jenis kursus online yang marak dibuka. Ikut serta di satu atau beberapa online course bisa memperkaya kemampuan dirimu. Keterampilan, keahlian, dan bahkan sertifikasi yang bermanfaat bagi karier maupun perkembangan diri dapat diperoleh.

Seperti Apa Kursus Online?

Masih bingung apa itu kursus online? Sesuai namanya, kursus online merupakan sistem pembelajaran secara daring yang dilakukan dengan cara virtual. Peserta tidak perlu datang ke satu tempat. Cukup dengan perangkat khusus, mereka bisa mengakses kelas belajar tersebut.

Kursus daring kini semakin mudah berkat kemajuan teknologi, khususnya internet. Asal terkoneksi dengan internet, peserta bisa belajar di mana saja dan kapan pun. Alhasil, fleksibilitas menjadi daya tarik utamanya.

Jenis Kursus Online

Saat ini ada dua jenis utama kursus online. Sahabat LPS bisa memilih mana yang dirasa paling cocok dengan gaya belajar atau kebutuhannya.

1. Sinkron.

Dalam jenis kursus online ini, Sahabat LPS bakal dibimbing langsung oleh pengajar dalam sebuah wadah yang memungkinkan pembelajaran langsung saat itu juga. Contohnya seperti dengan memakai video conference, instant messaging, atau chat. 

Karena pengajar dan siswa harus ada dalam satu saat yang bersamaan, maka kursus ini harus dijadwalkan terlebih dulu. Akibatnya, fleksibilitas waktu berkurang. 

Namun, kursung daring sinkron memungkinkan siswa dan pengajarnya berinteraksi dengan cepat. Siswa bisa bertanya dan pengajarnya dapat memberikan jawaban. Hal ini cocok bagi mereka yang tidak suka belajar sendiri. 

2. Asinkron

Tipe kursus online asinkron berbeda dengan pembelajaran daring sinkron. Dalam tipe online course ini, Sahabat LPS bisa belajar secara mandiri tanpa pengajar. Nanti materi pembelajaran bisa diakses melalui sarana tertentu seperti website atau email. 

Biasanya, jenis kursus online ini disertai dengan tugas untuk mengetes kemampuan siswa. Sahabat LPS dituntut mandiri karena tidak bertemu dengan pengajar secara langsung. Namun, sistem ini memungkinkan Sahabat LPS mengatur waktu belajar sesuka hati.

Plus Minus Kursus Online

Mana yang akan dipilih? Semuanya punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, secara garis besar, kursus online menjanjikan fleksibilitas waktu belajar. Peserta dapat menentukannya sendiri sesuai ketersediaan waktu. 

Sudah begitu, Sahabat LPS tidak harus datang langsung ke satu tempat. Artinya bisa memilih penyedia kursus dari mana saja. Jika ingin mencari yang dari luar negeri pun begitu mudah. 

Selain itu, kursus online cenderung lebih murah dibanding kursus tatap muka. Sahabat LPS yang ingin menambah kemampuan dengan hemat bisa memilih mengikutinya. Terlebih lagi tidak sedikit online course yang gratis.

Namun, karena tidak ada interaksi langsung, bisa jadi penyampaian materinya kurang mendalam. Apalagi jika pesertanya tidak mau berkomitmen belajar secara mandiri. Hasil yang digapai menjadi kurang memuaskan. Meski begitu, hal tersebut bukan patokan pasti karena tergantung dengan pribadi setiap peserta.

Tertarik untuk mengikuti kursus online? Cari saja bidang dan materi yang diinginkan. Sahabat LPS bisa tetap di rumah dan menambah kemampuan diri dengan mudah.

Share :

Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600