06 March 2019

Relasi Itu Investasi

Sebagai kaum millennials sepertinya sudah tidak asing lagi dengan investasi. Benar? Di masa sekarang ini nampaknya investasi sudah menjadi tren untuk berbisnis di kalangan millennials. Berdasarkan laporan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), tahun 2017 investor muda mendominasi 30,06% dari total pemodal berjumlah 1.118.913 investor. Angka tersebut terdiri atas 3,82% remaja usia 20 tahun ke bawah dan 26,24% generasi muda usia 21-30 tahun. Dominasi investor muda mengalahkan sumbangsih pemodal yang lebih senior dari rentang usia 31 - 40 tahun (25,12%), 71 - 80 tahun (1,71%), dan di atas 80 tahun (0,33%). Hal itu berarti bursa efek di negeri ini telah dirajai oleh kaum millennials.

Tapi ada hal penting yang terkadang sering terlupakan saat berinvestasi dimana kebanyakan orang hanya memikirkan untuk mendapatkan untung yang besar. Padahal keuntungan bukan hanya uang semata, melainkan dapat berbentuk relasi. Menambah relasi artinya menambah teman dari orang-orang yang ada di sekeliling kita yang mungkin saja dapat membantu kita dalam menambah ilmu berinvestasi

Contohnya, bagi yang ingin memulai investasi dalam bidang property, ada baiknya untuk banyak mengenal orang-orang yang ahli dan bergerak di bidang dtersebut. Dengan membangun jaringan relasi, kita dapat membangun investasi kita konsisten dan berjalan sesuai rencana. Begitu juga dengan modal investasi. Relasi juga bisa membantu kita untuk bisa memulai investasi dalam hal permodalan. Salah satu contoh adalah dengan sharing modal bersama relasi kita untuk memulai sebuah investasi.

Jadi, udah kebayang kan pentingnya relasi? Gak salah dong bagi kita untuk menjadi pribadi yang baik bagi semua orang di sekitar kita, karena siapa tau nantinya mereka yang membantu kita untuk tetap menjalankan bisnis kita.

Sumber: https://lifestyle.bisnis.com/read/20180125/220/730632/ini-penyebab-generasi-millenial-tertarik-investasi-di-pasar-modal

Bagikan