Begini Cara Menghemat Biaya Makan Saat Liburan

Selasa, 22 Oktober 2019 - 20:18 WIB

Berlibur identik dengan pengeluaran besar. Padahal, tidak harus seperti itu. Biaya liburan bisa ditekan dengan menghemat beberapa hal. Salah satu yang utama adalah biaya makan.

Jangan remehkan besar pengeluaran untuk makan kala berlibur. Jumlahnya tidak sedikit. Menurut data dari Reward Expert, sekitar 25 persen biaya liburan domestik dihabiskan untuk membeli makanan. Sedangkan untuk perjalanan ke luar negeri, wisatawan membelanjakan 16,2 persen uangnya untuk hal serupa.

Harus diakui, dorongan untuk mencoba makanan di tempat wisata memang besar. Kapan lagi bisa mencicipi cita rasa lokal? Ini tergambar jelas dari temuan WYSE Travel Confederation yang menyatakan bahwa 37 persen wisatawan hendak membelanjakan uangnya demi pengalaman kuliner.

Sahabat LPS boleh saja melakukan hal serupa. Namun, jika ingin lebih hemat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyiasatinya. Tujuannya supaya pos pengeluaran untuk makanan tidak membengkak.

BAWA BAHAN MASAKAN DAN PERALATANNYA

Kalau mau menekan pengeluaran, cobalah membawa bahan-bahan makanan sendiri lengkap dengan peralatan memasak. Tentu ini sedikit merepotkan. Namun dijamin pengeluaran berlibur akan berkurang drastis karena tidak perlu membeli makanan.

Pilih saja peralatan masak yang praktis. Sesuaikan pula dengan jenis bahan makanan yang dibawa. Pikirkan dengan saksama supaya tidak mengganggu perjalanan. Misalnya jangan membawa alat terlalu besar sehingga merepotkan ketika tengah bepergian.

BERBELANJA DI PASAR

Cobalah berbelanja makanan atau bahan makanan di pasar atau supermarket. Niscaya harganya akan jauh lebih murah dibanding makan di restoran. Beli saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak atau malah mencari makanan yang siap disantap di sana.

Selain bisa menekan biaya makan, menjelajahi pasar atau supermarket lokal bisa menjadi pengalaman berwisata tersendiri. Sahabat LPS dapat melihat kegiatan penduduk asli dan merasakan suasana destinasi wisata yang sesungguhnya.

CARI TEMPAT MAKAN ORANG LOKAL

Sahabat LPS bisa mencari tempat di mana orang lokal makan. Cobalah untuk menemukannya karena dipastikan harganya pasti akan lebih rendah dibanding makan di area wisata. Kalau tidak tahu, jangan segan bertanya ke penduduk asli.

Sama seperti berbelanja ke pasar, makan di restoran favorit penduduk asli bisa menghadirkan pengalaman unik. Kesempatan untuk lebih tahu kondisi riil destinasi liburan lebih besar. Ini belum tentu didapati oleh wisatawan lain.

MAKANAN MASAKAN POPULER

Jika berwisata ke suatu tempat tentu akan lebih afdal kalau mencoba makanan khasnya. Lakukan saja saat berlibur. Cari makanan yang paling populer di satu destinasi. Peluang mendapatkan masakan lezat dengan harga murah terbuka lebar. 

Karena jenis makanan tersebut sudah jamak di sana, seharusnya banyak pilihan tempat makan dengan harga yang bersahabat. Sahabat LPS bisa memilih yang sesuai bujet.

BERBURU WARUNG KAKI LIMA

Sahabat LPS bisa mencari makan di warung kaki lima. Cobalah untuk mencari di mana lokasi area warung kaki lima di destinasi tujuan. Dipastikan harga makanannya akan jauh lebih murah dibanding makan di restoran.

Lebih menarik lagi, makan di pusat warung kaki lima dapat menjadi cara menghabiskan waktu berlibur yang spesial. Sahabat LPS bisa mencarinya sembari berjalan-jalan menyusuri destinasi wisata.

Share :

Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600