Strategi Liburan Tanpa Ganggu Tabungan

Rabu, 11 September 2019 - 23:10 WIB

Liburan terus tapi saldo tabungan tetap terjaga, siapa yang tidak mau? Itu mungkin saja kok. Sahabat LPS bisa merasakannya dengan memilih melakukan satu di antara empat strategi berikut:

STRATEGI 1: BUAT REKENING TABUNGAN KHUSUS

Sahabat LPS bisa membuat rekening tabungan baru khusus untuk berlibur. Sisihkan uang di sana. Lebih baik dana tabungan dibuat dari mendebit rekening secara otomatis sehingga ada kepastian menabung. 

Strategi ini memungkinkan rekening tabungan tetap terjaga. Namun, sahabat LPS harus siap melakukan penghematan lebih besar.

+ : Tabungan pasti terisi.

- : Dana yang dimiliki untuk keperluan lain berkurang.

STRATEGI 2: KEJAR TARGET BUJET LIBURAN

Sahabat LPS dapat pula menabung sesuai target liburan. Misal, ketika ingin liburan di satu destinasi pada saat tertentu, kebutuhannya biaya dapat dihitung. Setelah itu mulai sisihkan uang sampai target terpenuhi.

Sistem ini lebih fleksibel. Sahabat LPS bisa menambah jumlah tabungan ketika ada dana ekstra. Namun, sebaliknya, uang yang disisihkan dapat dikurangi ketika ada kebutuhan berlebih.

+ : Besar nilai tabungan bisa diatur sesuai kemampuan.

- : Rawan tidak terpenuhi jika tidak disiplin mengejar target.

STRATEGI 3: TAMBAH PENGHASILAN

Sahabat LPS bisa terus berlibur tanpa perlu khawatir dengan tabungan yang terganggu jika punya penghasilan tambahan. Kalau memungkinkan, carilah pekerjaan tambahan atau sumber pendapatan ekstra. Mengerjakan pekerjaan sampingan atau berjualan bisa dilakukan.

Cara ini bisa menjaga tabungan tetap aman asalkan sahabat LPS berkomitmen menjadikan penghasilan tambahan sebagai tabungan liburan. Namun, jika digunakan untuk keperluan lain, maka strategi ini sia-sia belaka.

+ : Punya dana tambahan untuk hal lain.

- : Mendorong kenaikan gaya hidup. 

STRATEGI 4: TEKAN PENGELUARAN LEBIH KUAT

Kalau memang benar-benar ingin berlibur tanpa merogoh tabungan, sahabat LPS bisa sedikit berkorban dengan menekan pengeluaran lebih hemat lagi. Pangkas beberapa hal yang sekiranya bisa dihemat. Lalu sisihkan dananya untuk membiayai liburan.

Strategi ini membutuhkan disiplin dan komitmen tinggi. Jadi, pintar-pintarlah untuk memotivasi diri untuk lebih berhemat.

+ : Menumbuhkan kebiasaan berhemat.

- : Lebih sulit dilakukan karena menghilangkan kenyamanan tertentu.

Share :

Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600