01 February 2019

Pesatnya Perkembangan Start-up Di Indonesia

Saat ini siapa sih yang gak tau tentang startup? Pasti istilah ini sudah gak asing lagi di dengar di telinga Sahabat LPS. Apalagi untuk generasi milenial tentunya mendengar kata startup pasti langsung berpikiran tentang ladang bisnis yang sangat menjanjikan. Tapi apakah kita tau sebenarnya apa sih yang di maksud dengan startup?

Startup adalah perusahaan baru yang sedang di kembangkan, atau lebih mudahnya adalah perusahaan yang masih berkembang yang umumnya beroperasi di bidang teknologi. Biasanya produk dari startup ini berupa aplikasi dalam bentuk digital. Dan setiap perusahaan memiliki websitenya sendiri.

Bagaimana perkembangannya di Indonesia? Apakah menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan? Di Indonesia perkembangan startup dikatakan cukup pesat. Setiap tahunnya bahkan setiap bulan banyak sekali startup baru yang bermunculan sampai detik ini ada kurang lebih 1500 startup lokal di Indonesia. Perkembangan dari startup sangat dibantu dengan semakin banyaknya pengguna internet.. Berkembangnya media sosial dan smartphone menjadi peluang untuk pasar startup yang semakin besar. Banyak faktor yang mendukung perkembangan Startup di indonesia. Banyaknya jumlah penduduk di Indonesia menyebabkan munculnya banyak kebutuhan yang tentunya menjadi peluang bisnis yang sangat besar.

Ada 3 Startup di Indonesia mendapat predikat unicorn pada tahun 2017-2018 yaitu GO-JEK, Tokopedia, dan Traveloka. Yang biasa disebut-sebut dengan GTT. Tapi sampai di tahun ini belum ada yang bisa mengalahkan 3 Startup besar itu.

Di tahun ini ada 3 bidang yang di ramal menjadi primadona startup. Pertumbuhan startup di bidang financial technology (fintech) pembayaran, pendidikan, dan kesehatan di nilsai potensial pada 2019. Ketiganya diproyeksi bakal menjadi primadona yang menarik investasi bagi perusahaan-perusahaan modal ventura.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menyampaikan, perkembangan fintech pembayaran di Indonesia saat ini sangat pesat. Menurutnya, layanan fintech pembayaran sangat tinggi penggunaannya (use cases). Misalnya, bisa digunakan untuk pembayaran e-commerce, retail, hingga membeli voucher game. Jadi memang bisnis startup di Indonesia perkembangannya sangat pesat dan juga sebagai bisnis yang sangat menjanjikan.

(sumber: https://id.techinasia.com/prediksi-perkembangan-startup-indonesia-2018)

Bagikan